Bagaimana Membuat Diri Anda Bahagia ?

 Pada pertemuan pertama mata kuliah Human Relations minggu lalu, Bu Serefina selaku dosen Mata kuliah ini memberikan materi terkait bagaimana membuat diri anda bahagia, Tentu hal ini yang membuat saya terpacu untuk menjawabnya karena hal ini berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari manusia dengan beragam cara untuk membuat diri nya Senang seperti layak nya ia menuangkan kemampuan nya.

 Sebagai contoh pertama seseorang harus memiliki target kedepan dan tujuan nya karena jika seseorang ingin mewujudkan keinginan yg ingin dia capai tentu harus memiliki perencanaan untuk hidup nya kedepan.

Contoh kedua seseorang juga harus selalu tersenyum karena tersenyum sama saja orang tersebut dapat mengekspresikan kebahagiaan seperti layaknya orang yang tidak punya beban di hidupnya.


Yang ketiga salah satu kebahagiaan bagi diri sendiri yaitu Berbagi kebahagiaan kepada orang lain, misal nya ketika saya sedang memiliki rezeki lebih tentu saya akan berbagi dengan cara apapun contoh nya ajak teman untuk makan-makan atau berbagi apah yang bisa kita bagi seperti kemampuan dalam bekerja pada saat saya mengoperasikan mesin dan ada teman saya yang mau belajar hal itu tentu saya akan mendukung, semangatin dan terpacu untuk mengajari nya dari pengalaman yang saya miliki.

Yang keempat memiliki kemauan untuk menolong orang lain maksudnya yaitu seperti membantu orang yang sedang kesusahan seperti hal nya bertemu orang yang motor nya lalu saya akan segera membantu nya karena hal itu adalah niat dan kemauan saya untuk menolong.

Yang kelima diperoleh dari orang yang beragam maksudnya yaitu berusaha lah jadi orang yang baik pada intinya niat baik jika orang merasa senang tentu hal itu dapat membantu memberi umpan balik apa yang kita kasih, yang penting dalam memperolehnya itu haruslah ikhlas.

Yang keenam pelihara rasa humor anda maksud dari itu adalah menciptakan suasana yang lucu dan asik karena melalui rasa humor merupakan suatu kebahagiaan.

Yang ketujuh dapat memaafkan orang lain ini termasuk bentuk kebahagiaan bagi diri sendiri karena sama saja kita ikhlas apah yang lain perbuat lalu kita memaavkan tanpa perbaikan kesalahannya, karena semua orang tentu bisa berubah lebih baik lagi tergantung dari niat dan tujuan nya.

Yang kedelapan memiliki teman sejati dalam artian kita pintar-pintar memilih teman yang satu tujuan lalu kita akrabkan, karena orang tersebut bisa memotivasi serta mendorong kita untuk mewujudkan apah yang ingin kita capai, jangan sampai salah pergaulan yang bisa menyebabkan kegelisahan dan timbul nya kebahagiaan kurang .

Yang kesembilan selalu bekerja dalam tim sebagai contoh saya bekerja di perusahaan farmasi ternama jabatan saya sebagai operator produksi tentu jika ingin dicapai sebuah produk yang berkualitas dan unggul harus bekerja secara bersama-sama, misal nya di posisi saya di bagian operator produksi pengemasan tentu ada langkah-langkah untuk mengemasnya maka dari itu tim peran sangat berpengaruh bagi suatu produk yang dihasilkan.

Yang kesepuluh kebahagiaan yang paling penting dalam kehidupan seseorang yaitu nikmati kebersamaan dalam keluarga hal itu sangat penting karena bagi saya keluarga adalah rumah atau tempat singgah yang paling nyaman, istilah makannya ga makan asal kumpul yang penting kebersamaan bareng keluarga itu tetap terjalin dan rukun.

Langkah kesebelas percaya diri dan hargai diri sendiri, menurut pandangan saya itu salah satu kebahagiaan yang paling penting bagi saya itu sendiri, karena percaya diri mau hasil itu termasuk kemampuan kreativitas kita dan harus melakukan apapun sisi positif yang kita lakuin.

Yang keduabelas, respek terhadap yang lemah hal ini termasuk cara kita untuk perduli terhadap orang-orang yang memiliki kekurangan, karena sebaik-baik nya seseorang ia yang bisa menghargai orang yang tidak memiliki daya atau kemampuan. Maka dalam hidup alangkah baik nya saling berdampingan dan tidak menilai fisik atau sisi kekurangan seseorang.

Yang ketigabelas, mengikuti kata hati sendiri karena dalam mewujudkan keinginan kita capai dan raih harus sesuai hati nurani jangan ingin mendengar kata orang dan jangan tumbang sebelum berjuang, ketika seseorang menganggap kita tidak bisa menguasai nya tentu dengan hal itu harus kita jadikan acuan motivasi dan motivasi buktikan, jika meras senang ya lakukan ikuti kata hatimu jangan kata hati orang lain.

Yang keempat bekerja dari waktu ke waktu misal nya bekerja yang tidak mengenal lelah, bekerja dengan hati, bekerja dengan ada niat dan tujuan, jangan bekerja hanya bekerja tanpa ada perencanaan untuk hidup kedepan, niatkan bekerja untuk keluarga, dan bekerja untuk membantu perekenomian orang tua, tentu hal itu sesuai dengan hati bukan dengan paksaan, jadi bekerja dengan hati merupakan salah satu kebahagiaan bagi diri sendiri.

Yang kelimabelas memiliki keberanian, hal itu untuk hidup yang lebih baik jadi harus jauhi dari mental yang lemah, semisal ingin menjadi seorang Manajer tentu harus dimulai dari keinginan karna jika kita tidak memiliki keinginan tentu niat dan tujuan itu tidak akan ada, yang penting jangan pernah putus asa dan jangan pernah tumbang sebelum berjuangan, tetap yakin, jangan pesimis dan percayakan diri sendiri, tetap semangat dan tunjukan kualitas kemampuanmu sebaik-baik nya.

Dan yang terakhir, dalam hidup ini jangan jadikan uang sebagai segala gala nya karena uang bukan salah satu penentu kebahagiaan, percuma banyak uang tidak bisa mewujudkan kebahagiaan dengan cara itu sendiri tapi malah dengan cara curang untuk masuk ke lingkup yang di tuju, berjuang dari nol itu sampai jadi sukses sangatlah berarti bagi diri saya sendiri, keinginan saya memiliki keinginan dengan cara cepat misal nya nyogok slagi seperti itu tidak akan puas dan sadar di kemudian hari tanpa ada pembekalan lika liku yang di lalui seperti apah bentuk perjuangan nya.


Materi pembahasan mengenai bagaimana membuat diri Anda bahagia tentu sangat cocok bagi saya, karena saya termasuk tipical orang yang semangatnya tidak kenal keluhan dan tidak kenal putus asa dalam meraih keinginan yang ingin saya capai, Alhamdulillah nya bekerja saya masih bisa menyisihkan waktu belajar untuk menambah wawasan apah yang belum saya ketahui, dan kebahagiaan saya saat ini yaitu saya sangat bersyukur tidak membebani kedua orang tua jadi biaya kuliah pakai hasil kerja sendiri. karena prinsip saya jika ingin apah-apah ya harus berusaha sendiri bagaimana cara nya agar saya tidak menyusahkan org tua saya lagi.

Comments

Popular posts from this blog

DINAMIKA KELOMPOK

Manusia Adalah Makhluk Berfikir

Human Relation dari Lingkup Kerja, Keluarga dan Lingkungan