Komunikasi efektif didalam lingkungan kerja

Pada pertemuan ke 12 mata kuliah human relations saya memilih topik "Komunikasi efektif didalam lingkungan kerja" sebab saya sebagai pekerja karyawan swasta di perusahaan farmasi yang tentu nya memahami betul bagaimana cara mengimplementasikan segala aspek yang berhubungan oleh para kerbat kerja, leader , supervisor maupaun manager, hal ini menjadikan saya untuk dapat menjelaskan  bagaimana cara saya berkomunikasi dalam mencapai satu tujuan bersama untuk membangun suatu hubungan yang solid pada lingkup dipekerjaan.

Karena Komunikasi merupakan suatu faktor yang sangat penting ada nya untuk meraih sukses dalam pekerjaan. Tidak hanya kesuksesan secara pribadi, tetapi juga kesuksesan bagi perusahaan ditempat saya bekerja saat ini.

Menurut saya dengan Ada nya komunikasi yang baik, kinerja tim menjadi lebih jelas, konsisten, dan terarah. Itulah sebabnya komunikasi perlu dipelajari dengan maksimal, demi kesuksesan, tim, dan perusahaan tempat saya bekerja.

Dalam hal ini, teknik komunikasi harus ada karena yang penting untuk dikembangkan di tempat kerja, misal nya ;

1. Selalu siap sedia, Salah satu cara termudah untuk memiliki komunikasi yang baik di tempat kerja adalah selalu siap sedia. Hal ini berarti saya harus memiliki siap sedia untuk diajak bicara atau bekerja. Menyediakan diri bagi pekerjaan akan menciptakan suasana kerja yang nyaman. Sebagai contoh dalam hal ini saya yang bekerja di perusahaan farmasi tentu ada nya kerja shifting untuk tujuan menyuplai obat ke rumah sakit maupun ekspor keluar negeri agar para masyarakat domestik maupun para orang mancanegara yang sedang membutuhkan obat secara langsung datang ke berbagai tempat-tempat kesehatan Ada stok nya , hal ini bisa saja menjadikan sistem kerja shifting dan lembur setiap hari pekan libur untuk kebutuhan para konsumen jadi mau ga mau saya secara profesional bersedia siap bekerja dalam kondisi apapun sesuai tanggung jawab saya sebagai operator produksi perusahaan farmasi obat.

2. Bersahabat, menurut saya jadilah orang yang bersahabat pada rekan-rekan kerja . Milikilah perilaku yang positif dan peduli kepada orang lain.  Ini merupakan salah satu cara untuk membangun komunikasi yang baik secara natural. Misal nya saya melakukan pendekatan kontak komunikasi secara langsung, tanpa harus saling menjatuhkan untuk berkembang ditempat Saya bekerja , sebab proses tercapai nya suatu tujuan yaitu bagi saya harus secara kompak bersama dalam menghasilkan obat yangg unggul dan sterile maupun keharmonisan di dalam dunia pekerjaan.

3. Menjadi pendengar yang baik, komunikasi yang baik tidak hanya tentang menyampaikan pesan dengan baik. Komunikasi juga berarti menjadi pendengar pesan yang baik. Hal ini akan membantu saya untuk mengerti orang lain dengan lebih jelas. Misal nya saya mengembangkan kemampuan untuk mendengar, Itu akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, mendengar juga menciptakan keseimbangan antara saya maupun dengan rekan kerja lainnya.

4. Sampaikan pesan dengan jelas, Ketika membagikan informasi, pastikan untuk menyampaikannya dengan jelas dan dapat dimengerti. Jangan berbicara dengan bertele-tele dan sulit dipahami. Misal nya pada kasus mengetaui ada nya informasi terkait kebijakan pemerintah yaitu PPKM saya menyarankan untuk lewat Jalur alternatif bagi para teman kerja saya yang terjebak penyekatan oleh petugas , hal ini tentu membantu karena saya memberikan informasi yang jelas Dan berupa data yang akurat saya jelaskan least jalur alternatif yang saya maksud untuk menuju perusahaan tempat saya bekerja.

5. Hati-hati dengan bahasa nonverbal, bahasa verbal sama pentingnya dengan bahasa nonverbal. Ketika berbicara dengan orang lain, perhatikan bahasa nonverbalnya. Bahasa tubuhnya akan menggambarkan pesan tertentu yang sebaiknya saya tangkap dengan segera. Misal nya saat berbicara dengan orang lain, tataplah matanya sehingga kontak mata terjadi. Tunjukkan postur tubuh yang terbuka sebagai bentuk penerimaan.

6. Terbuka terhadap feed back, terbukalah terhadap umpan balik terhadap pesan yang saya bicarakan. misal nya apabila ada yang mengkritik atau mengevaluasi Anda, terima dengan terbuka, tanpa harus mengikuti egois cara tersendiri.

7. Berpikiran terbuka, apabila tidak berpikiran terbuka saat berkomunikasi dengan orang lain, tentu sulit untuk mendengarkan mereka. Tanpa pikiran yang terbuka, juga akan sulit untuk memahami pesan. Karena itu saat berkomunikasi dengan orang lain buanglah prasangka dan persepsi yang negatif.

Dalam hal ini , Komunikasi di tempat kerja menjadi hal yang patut menjadi perhatian. Meskipun demikian, banyak karyawan yang menyepelekannya sehingga sering menyebabkan terjadinya komunikasi di tempat kerja. 

Dengan memiliki keinginan dalam Strategi Membangun Komunikasi di Tempat Kerja, sebagai seorang karyawan tentu harus bersikap profesional, Lantas bagaimana cara membangun komunikasi di tempat kerja yang efektif, yaitu dengan cara ;

1. Bersikap Sederhana

Sebagai karyawan,  harus dapat menyampaikan informasi secara jelas, baik kepada karyawan lain maupun kepada klien. Memang tidak mudah untuk menyampaikan informasi secara jelas, terlebih lagi jika informasi tersebut terlalu susah untuk informasi. maka harus terampil dalam menyusun kata-kata agar informasi yang disampaikan dapat dengan mudah dijangkau oleh lawan bicara.

2. Utamakan Diplomasi

Dalam beberapa kasus, konflik kecil memang mudah untuk diselesaikan. Namun ada pula yang bermula dari konflik kecil menjadi sulit dan sulit untuk diatasi. Kondisi seperti inilah yang membuat suasana kantor menjadi tidak kondusif dan pekerjaan menjadi berantakan. Upaya yang sebaiknya dilakukan agar konflik tidak berkembang adalah dengan berlatih cara berbicara yang baik di tempat kerja. Menyelesaikan masalah dengan pikiran terbuka dan tidak memihak satu sama lain.

3. Hargai Perbedaan

hadiah perusahaan merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi semua pegawai yang ada di dalamnya. Tidak menutup kemungkinan bahwa kantor tersebut dapat melakukan kerjasama dengan negara asing, misalnya merekrut karyawan asing. Meskipun memiliki budaya yang berbeda, namun sebagai karyawan yang baik sebaiknya menghargai perbedaan budaya tersebut agar dapat berjalan dengan baik.

4. Berikan Feedback yang Baik

Hargailah lawan bicara misal nya reman kerja ataupun para atasan. Berilah respon yang positif. Etika saat berbicara adalah mendengarkan apa yang dikatakan oleh lawan bicara dengan baik. Setelah itu wajib memberikan tanggapan atau tanggapan terhadap apa yang telah disampaikan oleh pembicara sebagaimana dimaksud dalam suatu rapat atau dalam diskusi mencari cara terbaik terkait problem di kerjaan.

5.Menerapkan

Sebagaimana mesti nya memberikan umpan balik , begitu pula sebaliknya ketika saya mendapat masukkan dari orang lain. Dalam dunia kerja, saya akan bertemu dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda. Nah, dari situlah saya harus bisa memahami karakter dari orang lain dan juga harus terbuka terhadap kritik atau masukkan dari rekan kerja. Jangan langsung mengarahkan emosi jika ada karyawan yang mengkritik, melainkan jadikanlah kritikan tersebut sebagai masukan yang membangun agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

6. Jadilah Pribadi yang Humoris

Komunikasi akan terjalin dengan efektif jika tidak ada di dalamnya. Nah, untuk mencairkan suasana, saya harus bisa menyelipkan humor saat berbicara. Hal ini tidak akan menjadi masalah jika humor yang saya keluarkan tidak mengkhawatirkan orang lain. Cara ini terbukti efektif untuk membangun keakraban dan juga kecanggungan saat berbicara. Misal nya ajak becanda ketika dalam bekerja agar suasana tidak dingin ada nya tanpa komunikasi.

karena di dalam sebuah tim, setiap anggotanya harus dapat mewujudkan dengan baik agar tujuan dari suatu pekerjaan tersebut dapat terwujud. Dengan sedikit bergurau dapat membuat suasana menjadi lebih santai dan ide-ide cemerlang dapat dengan mudah disampaikan tanpa adanya tekanan.

7. Bersikap Ramah

Murah senyum merupakan salah satu cara ramah ramah hal ini akan membuat Anda dipandang positif oleh semua rekan-rekan ataupun para atasan. Komunikasi pun berjalan dengan baik dan efektif jika dilandasi rasa nyaman. Dengan memberikan senyuman di awal percakapan akan membuat percakapan menjadi lebih santai dan lebih hidup.

8. Bersikap Terbuka

Mendengarkan pendapat rekan kerja lain adalah salah satu sikap sikap bijak di tempat kerja. baik apa yang rekan kerja lakukan untuk mencari tahu dan rekan kerja merasa dihargai pendapatnya. Utarakan secara jujur ​​dan sopan jika opini tidak dapat diterima, dan jangan terlalu berlebihan jika opini disetujui. Misal nya menanyakan yang kita tidak tau ke senior dan meminta nya untuk kasih arahan/bimbingan serta masukan untuk tetap terjalin nya komunikasi.

9. kendala Konflik

Konflik antar pribadi pasti selalu terjadi dalam lingkungan kerja. Untuk menghindarinya, sebenarnya hanya harus mencari profesional. Artinya ya harus memisahkan masalah pribadi antar rekan dengan masalah pekerjaan. menghadapi setiap masalah dari sudut pandang yang berbeda dan tidak melibatkan emosi pribadi.

10. Berkomunikasi Secara Langsung

Seiring dengan berkembangnya zaman, komunikasi pun ikut mengalami kemajuan salah satunya dengan media surat elektronik yang digunakan sebagai cara berinteraksi dengan rekan kerja maupun klien. Ya, meskipun cara tersebut praktis namun hal ini bisa menimbulkan suatu jika karyawan tidak menguasai bahasa surat yang baik. Tentu hal tersebut akan menimbulkan masalah besar karena penyampaian informasi sulit dijangkau oleh pembacanya dan sering kali terjadi.

Apa yang ada di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, tentunya menuntut diri untuk berkomunikasi secara virtual. Untuk menghindari miskomunikasi selama bekerja , dan bisa memanfaatkan layanan seperti Virtual Office agar kinerja bersama rekan-rekan tim tetap berjalan maksimal.

Itu merupkan cara-Cara yang terbaik didalam lingkungan kerja agar tetap terjalin hubungan yang harmonis antara rekan kerja maupun para atasan Dan menghindari Ada nya gesekan disetiap permasalahan yang ada , kesimpulan dari materi yang saya pilih komunikasi yang efektif didalam lingkungan kerja Sangatlah berpengaruh bagi setiap elemen pendukung untuk mencapai tujuan bersama. 

Comments

  1. Terimakasih sudah berbagi. Teruslah menulis karena kaan abadi ! next rapikan tulisanseblum di publish dan gunakan Refrensi dan Dapus yaaa ..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

DINAMIKA KELOMPOK

Manusia Adalah Makhluk Berfikir

Human Relation dari Lingkup Kerja, Keluarga dan Lingkungan